Informasi Lengkap Seputar Wisata Pantai Selatan Jawa Barat

Jalan menuju ke Pantai Santolo

by ani suryani , at 2:59 PM , has 3 komentar
Sudah pernahkan anda berkunjung ke Pantai Santolo ?

Perjalanan menuju Pantai Santolo harus dilalui dengan ekstra hati-hati. Karena, perjalanannya berliku-lku, sempit, curam, serta melewati hutan, kebun teh, serta  jurang.
Ada dua alternatif rute , untuk menuju Pantai Santolo:


Perjalanan dari Kota Garut banyak ditempuh oleh wisatawan yang berasal dari Tasik, bandung, jakarta dan kota lainnya. Untuk wisatawan dari Jakarta dapat memilih jalur jalur ini,atau bisa mlewati rute jakarta-Cianjur-Cidaun-Pantai Rancabuaya menuju pantai Santolo. 


Jembatan Cilayu arah Santolo
Jembatan Cilayu arah Santolo
namun Jalur terdekat untuk wisatawan dari kota kembang Bandung ialah melewati ciwidey-Rancabali- Naringgul -Cidaun - Rancabuaya - Santolo. Atau bisa memalui Bandung melalui Jalur alternatif yaitu melalui Pangalengan-cisewu-rancabuaya-bungbulang-santolo. Sepanjang perjalanan, wisatawan juga akan menikmati pemandangan pegunungan Garut yang indah dan mempesona nan hijau serta melintasi perkebunan teh.. Air lautnya nampak membiru dari atas bukit. Pesisir pantainya yang landai nampak memutih karena pasirnya yang putih dan lembut.

Rute Normal lewat Garut Kota – Cikajang – Cikelet dan Pameungpeuk, bisa ditempuh dengan menggunakan Kendaran umum dari terminal Cicaheul (pakai Bis) atau terminal Leuwipanjang dengan Kendaraan ELF (minibus), membayar Rp. 35.000,- dan 4 – 5 jam perjalanan teman-teman sudah sampai di Pameungpeuk (Pantai Santolo),
Rute kedua Menggunakan Rute Ciwidey – rancabali-cidaun-rancabuaya – Bungbulang – Pameungpeuk jarak tempuh lumayan jauh dan belum ada kendaraan umum, tapi pemadangan disekitar lebih bagus,
Ada Apa Saja Di Pantai Santolo?

Pantai ini cukup dikenal di Garut selatan  merupakan daerah tujuan wisata.. Fasilitas yang dibutuhkan wisatawan cukup tersedia seperti losmen, kios-kios cinderamata dengan harga terjangkau. Bagi wisatawan yang ingin bermalam, di sekitar pantai tersedia banyak penginapan untuk bermalam. Harga sewanya pun terjangkau, diantaranya penginepan barokah dan jika anda mau penginepan tradisisional ada penginapan rumah bambu yang letaknya di pinggir pantai. Harga non weekend Rp 75.000,- sedangkan harga weekend Rp 100.000,-. Tempatnya lumayan nyaman dengan kamar mandi dalam, lesehan menghadap pantai, dan tempat tidur berupa spring bed.
Bisa Makan Ikan Juga.
Komoditas laut yang terdapat di Pantai Santolo adalah tongkol, layur, dan cumi. Jika ingin membeli ikan laut dalam kondisi yang masih segar pada pagi hari pergi ke tempat pelelangan ikan, tanya harga ikannya dan minta dimasakin sama yang jual.

Jika wisatawan ingin menyaksikan pantai yang bening airnya, pergilah ke sisi kiri, naik perahu penyeberangan seharga Rp 4.000,-/orang. Di sisi pantai ini, airnya sangat bening, dangkal selutut, dan airnya cukup tenang sehingga banyak yang menybut cilaut e’reun.. 

Di kawasan ini juga terdapat muara sungai dengan airnya yang jernih , sehingga wisatawan dapat turun ke laut yang dangkal untuk melihat ikan-ikankarang berenang disela-sela karang. Anda juga dapat menyewa perahu untuk menikmati ombak laut Santolo atau menuju ke salah satu pulau kecil yang ada tidak jauh dari pantai. 
ani suryani
About
Jalan menuju ke Pantai Santolo - written by ani suryani , published at 2:59 PM, categorized as santolo . And has 3 komentar
3 komentar Add a comment
Bck
Cancel Reply
Copyright ©2013 Wisata Pantai Selatan by
Theme designed by Damzaky - Published by Proyek-Template
Powered by Blogger