Informasi Lengkap Seputar Wisata Pantai Selatan Jawa Barat

Tiket Masuk,Hotel Dan Legenda Mistis Pantai Papuma, Jember

by ani suryani , at 12:08 PM , has 0 komentar
Satu lagi destinasi wisata pantai selatan yang masih sangat alami di Jember,Jatim, yakni Pantai Pasir Putih Malikan atau yang lebih dikenal dengan nama singkatnya Papuma. Ini adalah objek wisata terbaru andalan kota Jember, Jawa Timur. Khas pantai selatan dengan bongkahan dan pernik batu karang yang menghias pantai, keindahan pantai Papuma kini terkenal ke seluruh penjuru tanah air hingga manca Negara. 

Pantai Papuma Jember
Pantai Papuma Jember

Pantai Papuma Jember
Pantai Papuma Jember
Poto di ambil dari Wisata Papuma

Wahana Wisata Tanjung Papuma ini terletask skitar 40 km sebelah selatan kota Jember, tepatnya di Desa Lojejer Kecamatan Wuluhan kabupaten Jember. Membutuhkan waktu kurang lebih sekitar 60 menit/1 Jam dari kota Jember. Namun tahukan Anda, sebagaimana lokasi-lokasi pantai selatan, pantai Papuma juga menyimpan legenda mistis yang dipercaya oleh sebagain masyarakat. Legenda itu menjadi buah bibir yang seolah-olah benar-benar nyata. Apa saja legenda mistis pantai Papuma? 

Selalu Memakan Korban Jiwa Tiap Tahun 

Sebaiknya Anda tidak percaya dengan tahayul yang dapat mengganggu keimanan Anda. Akan tetapi legenda ini menjadi mitos kuat bagi masyarakat, bahwa pantai Papuma selalu memakan korban jiwa tiap tahun. Dibalik keindahannya dengan suguhan batu karang dan pesona penciptaan Tuhan, ombak ganas khas pantai selatan memang sering memakan korban jiwa. Terlepas apakah ini berkaitan dengan sesuatu yang gaib, Anda wajib berhati-hati saat berkunjung ke pantai Papuma, Jember.( jadi kami saranka jika anda berlibur ke objek wisata ini jangan berenang terlalu dalam) 

Dihuni Banyak Ular Pantai Papuma

sebagaimana Pantai Kedung kandang di Tulungagung, disusun dari tonjolan-tonjolan batu karang yang membentuk perundukan pulau-pulau. Masing-masing tonjolan karang tersebut diberi nama, seperti Dhampar Kencana, Kodok, Kresna, Narada, dan Kajang dan lain sebagainya. Namun ada satu tonjolan karang yang tidak diberi nama. Konon tidak ada yang berani mendekat dan menginjakkan kaki di karang tanpa nama ini. Kononn pula terdapat ular gaib berbisa, sehingga tidak ada yang berani menginjaknya. 

Mitos batu Malikan 

Diantara tonjolan abut karang menyembuld ari dalam air, terdapat tonjolan karang besar yang menjulang. Masyarakat menyebutnya dengan batu Malikan. Diceritakan ini menjadi tempat Raden Mursada dan Mursaud (atau Marsudo dan Joko Samudera menurut versi cerita yang lain) memancing. Tonjolan Bebatuan tersebut tercipta karena tebasan cemiti Joko Samudra saat kakinya digigit ular gaib. Akibatnya bebatuan pecah dan menjadi beberapa bagian bongkahan karang yang terlihat seperti sekarang. 

Gua Lawa, Tempat Bersemayam Dewi Sri Wulan

Diantara bongkahan bebatuan yang lain terdapat sebuah goa. Masyarakat menyebutnya goa lawa, akrena di dalamnya banyak dihuni oleh kelelawar. Konon, gua lawa merupakan rumah yang diberikan oleh ratu pantai selatan kepada putrinya Dewi Sri Wulan. Diantara kelelawar-kelelawar tersebut tempat bersemayam Dewi Sri Wulan tinggal. Dewi Sri Wulan dianggap oleh masyarakat animis dulu sebagai ratu yang mengelola perikanan di laut selatan. Karena itu jika ingin nelayan mendapat hasil panen yang melimpah harus memberikan sesaji pada Dewi Sri Wulan. 

Tempat Bersesaji Agar panen Ikan Melimpah 

Sisa dari kepercayaan animism dan dinamisme di sini masih Nampak. Tentu saja ini tidak haus Anda percaya. Konon jika masyarakat tidak memberikan sesaji di sekitar bongkahan pantai Papuma dengan menghanyutkan makanan hasil panen, maka akan sulit bagi nelayan untuk mendapatkan ikan yang melimpah. Kepercayaan ini tentu tidak baik untuk kesehatan logikan dan keimanan kita. 

Demikian beberapa pembahasan dan legenda mistis pantai Papuma kabupaten Jember. Pantai detinasi air jernih pantai dengan bongkahan gunungan karang-karang ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan. Rasanya mitos mistis dan kenagkeran yang ada tidak berpengaruh pada ketertarikan banyak orang untuk menikmati keindahan pantai Papuma. 

Harga Tiket Masuk Pantai Papuma Jember 

Bagi sobat yang ingin mencoba berlibur ke pantai Papuma Jember ini alangkah baiknya mengetahui dulu bajet untuk membayar tiket masuk pantai Papuma,berikut ulasan singkat tentang harga tiket masuk ke pantai Papuma Jember,berdasarkan informasi yang di dapat dari Forum Perhutani Divisi wisata,Berikut Daftaranya 

Tiket Masuk Pantai Papuma Jember
Tiket Masuk Pantai Papuma Jember

 Poto di ambil dari Wisata Papuma

  1. Untuk hari senin s/d Juma’at Rp.15.000 
  2. Hari Sabtu dan Minggu Rp.17.500 
  3. Untuk wisatawan asing Rp. 30.000 
  4. Untuk kendaraan Motor Rp. 2.000 
  5. Untuk kendaraan roda 4 Rp. 5.000 
  6. Untuk Kendaraan Roda 6 Rp. 10.000 

Hotel di dekat pantai papuma 

Setelah membayangkan bajet untuk selama di perjalanan dan uang untuk bayar tiket masuk,satu lagi yang harus anda persiapkan yakni uang untuk menyewa Hotel,Villa atau Penginapan di dekat objek wisata Pantai papuma. 


Sekedar info untuk Hotel yang biasa anda sewa melalui akun kami salah satunya ada Hotel Istana Jember.hotel ini terletak di jalan Diponegoro No.43 Jember,Indonesia,Hotel ini salah satu hotel berbintang 3 dengan fasilitas lengkap dan mewah namun harga tetap murah.

ani suryani
About
Tiket Masuk,Hotel Dan Legenda Mistis Pantai Papuma, Jember - written by ani suryani , published at 12:08 PM, categorized as Pantai Papuma . And has 0 komentar
0 komentar Add a comment
Bck
Cancel Reply
Copyright ©2013 Wisata Pantai Selatan by
Theme designed by Damzaky - Published by Proyek-Template
Powered by Blogger