Informasi Lengkap Seputar Wisata Pantai Selatan Jawa Barat

Wisata Baru Pantai Tapak Siliwangi atau Sering disebut Batu Kukumbung

by ani suryani , at 3:50 PM , has 0 komentar
Pantai merupakan bentuk geografis berpasir Pasir yang berada di pesisir laut sertaa berbatasan antara daratan dan perairan laut.Patai biasanya sering di jadikan sebagai objek wisata seperti Pantai Tapak Siliwangi atau sering disebut masyarakat setempat Pantai Batu Kukumung.

Wisata Pantai Batu Kukumbung / Tapak Siliwangi
Wisata Pantai Batu Kukumbung / Tapak Siliwangi
Poto dari Karangwangi,Cidaun Cianjur Selatan

Pantai Tapak Siliwangi berada di desa Karangwangi kecamatan Ciadaun kabupaten Cianjur,berjarak hanya 15 KM dari pusat ibu kota Cidaun,Pantai ini selain menyuguhkan Destinasi panorama yang indah dan asri juga membuktikan bahwa tempat ini pernah di jadikan tempat singgah dan ritualnya Prabu Siliwangi hal ini terbukti adanya batu karang yang berjajar seperti Kursi-kursi tempat Khitanan serta tempat kaki kirinya Prabu Siliwangi dan kaki Harimau.

Batu Kukumbung Prabu Siliwangi
Batu Kukumbung Prabu Siliwangi


Gambar Telapak kaki sebelah Kiri Prabu Siliwangi
Gambar Telapak kaki sebelah Kiri Prabu Siliwangi


Gambar Telapak kaki sebelah Kiri Prabu Siliwangi
Bupati Cianjur dan Rombongannya sedang melihat telapak kaki Siliwangi

Di Sepanjang pantai ini terdapat bukti-bukti sejarah yang di perkirakan sudah ratusan tahun,konon kata para mahasiswa yang Fakultasnya tidak mau di tuliskan namun jurusannya Geologi,kata mereka artepak-artepak tersebut terbuat dari semen masa Purbakala. 

Dengan kekayaan alam yang melimpah dan kekayaan sejarah pantai Batu kukumung / Pantai Tapak Siliwangi ini baru di lirik oleh pemerintahan daerah Cianjur Pada pertengahan tahun 2016,Kata Bapak Bupati IRPAN RIVANO MUCHTAR,nama Pantai Kukumung ini tidak terlalu populer dikalangan para wisatawan karena bahasanya yang agak asing,Namun jika di beri Nama pantai Tapak Siliwangi beliau yakin bahwa pantai ini akan cepat terkenal karena menganggap siapa yang tidak tahu ke saktiannya Prabu Siliwangi,itu paparan IRM saat diwawancarai. 

Kata Bupati Termuda di Jawa Barat,Pantai ini akan di bangaun sebuah wisata Religi dengan dilengkapi sebuah masjid besar yang di bangun di atas Karang laut,selain itu juga di sepanjang Pantainya yang menghubungkan dengan Muara Cikawung,Cigebang dan Muara Cilaki serta di tenganhnya ada sebuah keajaiban yakti sebuah hamparan Batu yang tersususun rapih sesuai dengan ukurannya,batu ini bermacam macam warnanya dan ukurannya mulai sebersar telur punyuh sampai sebesar bola kasti ada yang warna merah,hijau,putih,serta yang lebuh uniknya batu warna lumut. 

Namun sayangnya Pantai Tapak Siliwangi ini belum terbentuknya kelompok Penggerak Parawisata ( KOMPEPAR ) sehingga belum tertata rapih seperti pantai-pantai yang lainnya ( pantai pangandaran dan Pelabuahan Ratu),Namun walaupun demikian jika anda berkunjung ke pantai ini rasa penat anda setelah sepekan kerja di dalam kantor akan seketika hilang karena keindahan pantai ini. 

Sejarah Pantai Tapak Siliwangi atau sering disebut Batu Kukumung

Batu kukumung adalah sebuah hamparan batu Karang besar di pinggir pantai Yang dikelilingi Batu-batu mirip kursi [ mirip kukumbung bahasa Sunda ] untuk melakukan ritual sunat pada jaman dulu. Di dekat batu itu ada tapak kaki Yang Sebela kiri besar [bukan ukuran manusia biasa saat ini] Yang sebelah kanan ukuranya sama dengan kaki manusia saat ini barada diatas batu kecil sebelahnya Pantai Tapak Siliwangitersebut. 

Konon, Pantai Tapak Siliwangiitu tempat yang akan digunakan untuk mensunat Prabu Siliwangi, saat itu sang prabu menjauh/nembus bumi untuk menghindari anaknya yang bernama Kian santang, karena menolak untuk di sunat ketika mau Islamkan. Di sana prabu siliwangi menghilang. Inilah Kisahya setelah Prabu Kian Santang Berkelana /Mengembara/ kemana dan berguru untuk mencapai kedigjayaan ilmu yang tertinggi yang ada di alam jagad raya Mengantarkannya ke tanah suci Mekah, yang mengantarkanya pada untuk memeluk islam dan mendalamai keislaman serta menyebarkanya pada daerah tatar sunda. Maka kembalilah Sang prabu kiansantang ke Pajajaran tatar sunda hendak menyampaikan kabar baik (Islam) kepada masyarakat Jawa termasuk ayahhandanya Prabu Siliwangi yang terkenal sakti mandra guna. 

Dalam Kisahnya sang Prabu Siliwangi menolak ajaran islam tersebut karena Gengsi harus mengikuti Ajaran anaknya apalagi harus di sunat oleh anaknya sendiri, maka prabu siliwangi Marah memirintahkan Perlawanann Sehingga terjadi pertarungan hebat dengan para ponggawa dan pendekar-pendekar sakti mandraguna Pajajaran di berbagai tempat (pindah pindah tempat). Bagi Kian Santang sangatlah mudah mengalahkan mereka. 

Akhirnya Kian Santang berhadapan dengan ayahandanya sendiri, Prabu Siliwangi. Sang Prabu Siliwangi memilih menghindari anaknya dan menghilang dalam kesenyapan, Kian Santang terus berusaha mencari ayahandanya hingga ke Cidaun pesisir pantai Jayanti Cianjur, bertemulah mereka disana, Dan di Pantai Tapak Siliwangi tersebut rencanya prabu kian santang mau mensunat ayahnya (Prabu Siliwangi) yang marah ketika itu menghentakkan kaki kirinya diatas batu besar dan kemudian lenyap ditelan bumi. 

Di sana prabu siliwangi menghilang. Batu itu Meninggal kan Tapak Kaki Kiri yang besar Tidak seperti Kaki orang biasa Saat ini, Pada batu besar kukumbung tersebut. Di sebelahnya Ada batu karang kecil tapak kaki kanannya yang berukuran manusia normal saat ini. Salah satu Istana Kerajaan Pajajaran ditepi pesisir cianjur tersebut juga tiba-tiba lenyap tak berbekas. untuk hutan/istana tempat Prabu Siliwangi menghilangkan diri lebih dikenal dengan nama (hutan) leuweung sancang dan batu pijakan Prabu Siliwangi disebut Batu Kukumbung.

ani suryani
About
Wisata Baru Pantai Tapak Siliwangi atau Sering disebut Batu Kukumbung - written by ani suryani , published at 3:50 PM, categorized as Pantai tapak Siliwangi . And has 0 komentar
0 komentar Add a comment
Bck
Cancel Reply
Copyright ©2013 Wisata Pantai Selatan by
Theme designed by Damzaky - Published by Proyek-Template
Powered by Blogger